Cara Berjemur Yang Baik Untuk Kesehatan

5 (100%) 3 votes

Tujuan berjemur dibawah sinar matahari

Banyak diskusi yang membicarakan tentang menemukan warna kulit dan menggunakan lotions SPF pada hari cerah dan di musim dingin, sulit untuk percaya bahwa paparan sinar matahari, dalam dosis kecil, dapat bermanfaat.

Berjemur, merupakan tindakan duduk atau berbaring di bawah sinar matahari, kadang-kadang dengan santai bahkan mungkin memiliki beberapa manfaat apabila dilakukan dengan benar.

Ada perbedaan besar, tentu saja, antara pergi ke luar selama 10 menit tanpa tabir surya dan sering menghabiskan waktu di tempat tidur untuk bersantai.

Risiko terpapar sinar matahari didokumentasikan dengan baik. Menghabiskan waktu di bawah sinar matahari tanpa SPF adalah salah satu penyebab melanoma, antara lain.

Namun, vitamin D dosis tinggi senyawa yang menggantikan sinar matahari, mengubah kolesterol kulit kita menjadi vitamin D yang dapat membantu mencegah penyakit umum.

Artikel ini akan membahas bagaimana Cara Berjemur Yang Baik untuk kesehatan, ditengah pademi yang saat ini sedang terjadi.

 

Manfaat berjemur

Paparan sinar matahari membantu tubuh membuat vitamin D secara alami. Vitamin penting, tetapi banyak orang tidak mendapatkan cukup. Kekurangan vitamin D adalah umum dan beberapa perkiraan mengatakan bahwa 1 miliar orang di seluruh dunia diyakini mengalami kekurangan.

Vitamin D sulit diperoleh dari makanan. Ini ditemukan dalam ikan dan kuning telur tertentu, tetapi sebagian besar dikonsumsi melalui produk yang diperkaya seperti susu. Makanan tambahan juga disediakan.

Manfaat sinar matahari dan vitamin D meliputi:

  • Mengurangi depresi. Lebih sedikit gejala depresi dapat dilaporkan setelah menghabiskan waktu di bawah sinar matahari. Sinar matahari memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin, yang dapat meningkatkan mood dan meningkatkan mood. Bahkan tanpa depresi, menghabiskan waktu di bawah sinar matahari dapat meningkatkan suasana hati.
  • Tidur yang lebih baik. Olahraga dapat membantu mengatur ritme sirkadian Anda, dan tubuh Anda akan mulai tertidur lebih penuh saat matahari terbenam.
  • Tulangnya lebih kuat. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium, yang mengarah ke tulang yang lebih kuat dan dapat membantu mencegah osteoporosis dan radang sendi.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D membantu tubuh melawan penyakit, termasuk penyakit jantung, sklerosis otot, FLu, dan penyakit autoimun dan kanker tertentu.
  • Mengurangi risiko persalinan prematur. Vitamin D melindungi terhadap kelahiran prematur dan infeksi terkait kelahiran.
Baca Juga  Pelecehan Seksual di Dunia Autistik

 

Apakah berjemur tidak bagus untuk anda?

Semua yang kita lakukan juga bukan tanpa risiko. Terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari dapat menyebabkan ruam pada kulit, kadang-kadang disebut ruam panas, yang berwarna merah dan gatal.

Paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan kulit terbakar, yang bisa menyakitkan, dapat menyebabkan peradangan, dan dapat mempengaruhi semua bagian tubuh, bahkan bibir. Sunburn dapat menyebabkan melanoma di kemudian hari.

Polymorphic light eruption (PMLE), juga dikenal sebagai keracunan matahari, dapat terjadi akibat terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari. Mereka tampak memar gatal di dada, kaki, dan lengan.

 

Berapa lama Anda bisa berjemur?

Beberapa ahli kulit percaya bahwa, selama Anda tidak mengalami komplikasi dengan paparan sinar matahari secara teratur, Anda dapat berjemur 20 menit setiap hari. Untuk mengurangi risiko terbakar sinar matahari, yang terbaik adalah 5 hingga 10 menit.

Ini akan bervariasi berdasarkan seberapa dekat dengan garis khatulistiwa Anda tinggal, respons kulit Anda terhadap sinar matahari dan kualitas udara. Kualitas udara yang buruk dapat menghalangi sinar UV. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lebih buruk mendapatkan banyak sinar matahari sekaligus dari pada secara perlahan mengeksposinya dari waktu ke waktu.

 

Apakah sengatan matahari dapat membahayakan bayi yang belum lahir?

Tidur selama kehamilan dapat menyebabkan dehidrasi karena berkeringat saat panas.

Duduk di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama juga dapat meningkatkan suhu inti Anda, yang dapat meningkatkan suhu janin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suhu inti yang lebih tinggi dapat menyebabkan kehamilan yang lebih lama.

Vitamin D sangat penting selama kehamilan. Penelitian menunjukkan bahwa 4.000 IU vitamin D setiap hari memiliki manfaat terbesar. Untuk menghindari risiko di atas, bicarakan dengan dokter Anda tentang bagaimana Anda bisa mendapatkan jumlah vitamin D yang tepat jika Anda hamil.

Baca Juga  Mengetahui Sakit Anak sejak dini

 

Cara Berjemur Yang Aman Untuk Kesehatan

  • Gunakan SPF 30 atau lebih dan terapkan 15 menit sebelum anda berjemur.
  • Pastikan Anda menutupi tubuh Anda setidaknya dengan kain yang tipis agar tidak tepapar penuh sinar matahari.
  • Ingat untuk memberikan lotions SPF di bagian atas kepala Anda jika tidak ditutupi oleh rambut, serta tangan, kaki, dan bibir Anda.
  • Hindari tempat tidur santai, kebanyakan tanning bed hampir sulit untuk sinar UVB untuk merangsang produksi vitamin D.
  • Beristirahatlah di tempat teduh ketika sedang panas.
  • Minumlah air putih jika Anda menghabiskan waktu yang lama di bawah sinar matahari.
  • Makan tomat, yang mengandung banyak cairan, untuk membantu mencegah kemerahan kulit dari sinar UV.

Semoga artikel ini bermanfaat, selalu berhati hati dan jaga kesehatan.

 

Reply