Teknik Meditasi Yang Benar

Rate this post

Teknik Meditasi

Meditasi mengacu pada keadaan di mana tubuh dan pikiran Anda secara sadar rileks dan fokus. Praktisi seni ini melaporkan peningkatan kesadaran, fokus, dan konsentrasi, serta pandangan hidup yang lebih positif.

Teknik meditasi umumnya dikaitkan dengan para biksu, mistikus, dan disiplin spiritual lainnya. Namun, Anda tidak perlu menjadi biksu atau mistikus untuk menikmati manfaatnya. Dan Anda bahkan tidak harus berada di tempat khusus untuk mempraktikkannya. Anda bahkan dapat mencobanya di ruang tamu Anda sendiri, untuk melakukan teknik meditasi.

Meskipun ada banyak pendekatan berbeda untuk meditasi, prinsip-prinsip dasar tetap sama. Yang paling penting di antara prinsip-prinsip ini adalah menghilangkan pikiran dan fantasi yang obstruktif, negatif, dan mengembara, dan menenangkan pikiran dengan fokus yang mendalam. Ini membersihkan pikiran dari puing-puing dan mempersiapkannya untuk kualitas aktivitas yang lebih tinggi.

Pikiran negatif yang Anda miliki – pikiran tetangga yang berisik, petugas yang suka memerintah, tiket parkir yang Anda dapatkan, dan spam yang tidak diinginkan – dikatakan berkontribusi pada ‘pencemaran’ pikiran, dan menutupnya adalah memungkinkan untuk ‘pembersihan’ dari pikiran sehingga dapat fokus pada pemikiran yang lebih dalam dan lebih bermakna.

Beberapa praktisi bahkan menutup semua masukan indrawi – tidak ada pemandangan, tidak ada suara, dan tidak ada yang menyentuh – dan mencoba melepaskan diri dari keributan di sekitar mereka. Anda sekarang dapat fokus pada pemikiran yang mendalam dan mendalam jika ini adalah tujuan Anda. Awalnya mungkin terasa memekakkan telinga, karena kita terlalu terbiasa untuk terus-menerus mendengar dan melihat sesuatu, tetapi ketika Anda melanjutkan latihan ini, Anda akan menjadi lebih sadar akan segala sesuatu di sekitar Anda.

Baca Juga  Cara Gaya Hidup Sehat untuk Perubahan Besar

Jika Anda menemukan posisi meditasi yang Anda lihat di televisi mengancam – mereka dengan punggung melengkung yang tidak mungkin, dan liuk yang kelihatan menyakitkan – Anda tidak perlu khawatir. Prinsip di sini adalah berada dalam posisi yang nyaman dan kondusif untuk konsentrasi. Ini mungkin sambil duduk bersila, berdiri, berbaring, dan bahkan berjalan.

Jika posisi itu memungkinkan Anda untuk rileks dan fokus, maka itu akan menjadi titik awal yang baik. Saat duduk atau berdiri, punggung harus lurus, tetapi tidak tegang atau kencang. Di posisi lain, satu-satunya yang tidak boleh adalah membungkuk dan tertidur.

Pakaian yang longgar dan nyaman sangat membantu dalam proses ini karena pakaian yang ketat memiliki kecenderungan untuk mencekik Anda dan membuat Anda merasa tegang.

Tempat Anda melakukan meditasi harus memiliki suasana yang menenangkan. Mungkin di ruang tamu Anda, atau kamar tidur, atau di mana pun Anda merasa nyaman. Anda mungkin ingin latihan tikar jika Anda berencana untuk mengambil posisi yang lebih menantang (jika Anda merasa lebih fokus melakukannya, dan jika manusia karet di Anda berteriak untuk dibebaskan). Anda mungkin ingin memiliki tempat yang diatur sehingga menenangkan indra Anda.

Keheningan membantu kebanyakan orang rileks dan bermeditasi, jadi Anda mungkin menginginkan tempat yang sunyi dan terpencil jauh dari dering telepon atau dengungan mesin cuci. Aroma yang menyenangkan juga membantu dalam hal itu, jadi menyimpan lilin aromatik juga bukan ide yang buruk.

Para bhikkhu yang Anda lihat di televisi membuat suara-suara monoton itu benar-benar menampilkan mantra mereka. Dalam istilah sederhana, ini adalah kredo pendek, suara sederhana yang, bagi para praktisi ini, memiliki nilai mistik.

Baca Juga  Mengetahui Sakit Anak sejak dini

Anda tidak perlu melakukan itu; Namun, perlu dicatat bahwa fokus pada tindakan berulang seperti bernapas, dan bersenandung membantu praktisi memasuki tingkat kesadaran yang lebih tinggi.

Prinsip di sini adalah fokus. Anda juga bisa mencoba fokus pada objek atau pemikiran tertentu, atau bahkan, sambil tetap membuka mata, fokus pada satu pandangan.

Satu contoh rutin adalah – saat dalam keadaan meditasi – diam-diam sebutkan setiap bagian tubuh Anda dan fokuskan kesadaran Anda pada bagian itu. Saat melakukan ini, Anda harus menyadari adanya ketegangan pada bagian mana pun dari tubuh Anda. Visualisasikan secara mental melepaskan ketegangan ini. Ini bekerja dengan sangat baik.

Secara keseluruhan, meditasi adalah praktik yang relatif bebas risiko dan manfaatnya sepadan dengan usaha.

Penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi memang membawa efek fisiologis yang bermanfaat bagi tubuh. Dan telah ada konsensus yang berkembang di komunitas medis untuk mempelajari lebih lanjut efek seperti itu. Jadi dalam waktu dekat, siapa tahu, hal mistis, esoteris yang kita sebut meditasi mungkin menjadi ilmu itu sendiri! Semoga Bermanfaat.

Reply